Buffer VFO

Rangkaian Buffer ini juga cukup sederhana, dibuat menggunakan komponen aktif transistor yang mudah didapat.  Fungsi buffer adalah mengurangi beban bagi oscillator sehingga frekuensinya relatif stabil.  Tanpa rangkaian buffer ada kemungkinan frekuensi VFO pada saat zero beat menjadi bergeser ketika dilakukan transmit karena terjadi perbedaan beban dan perubahan besarnya arus yang dibutuhkan oleh rangkaian Final akan mempengaruhi frekuensi VFO.

Sedikit catatan tentang nilai kapasitor pada input Buffer atau berlaku juga untuk output oscillator, sebaiknya nilainya kecil saja sekedar bisa menyalurkan energi RF seminimal mungkin sehingga beban rangkaian berkurang dan frekuensi lebih stabil.

Skema asli dari buku Solid State Design oleh Hayward & de Maw.

UPDATE

Pemeriksaan bentuk gelombang pada rangkaian buffer di atas menunjukkan terjadi perubahan bentuk gelombang dari output Vackar VFO #1 yang berbentuk sinus menjadi gelombang yang ujung-ujungnya meruncing, sebagaimana gambar berikut :

Selanjutnya rangkaian buffer diganti dengan Buffer #2 maka bentuk gelombang output sama dengan bentuk gelombang output dari VFO sebagai beriut :

 

Untuk eksperimen selanjutnya saya menggunakan rangkaian Buffer #2,  rangkaian di atas tidak saya pergunakan lagi.

Skema rangkaian seperti di bawah ini.

 

BUFFER  VFO #2

Nilai komponen dengan tanda bintang ( * ) adalah yang saya pakai karena yang sesuai skema tidak ada pada persediaan di laci komponen saya.

About jagawana80m

Mencoba menikmati dunia amatir melalui eksperimen.

Posted on 01/08/2011, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. mas..pas saya coba dgn multisim..outputnya setangah gelombang kayak penyearah mas….bisa kasih solusi rangkaian buffer transistor yg lain gak mas??

  2. Mas Jagawana, kalau mau mengkonek rangkaian frekuensi counter ke TX, sebaiknya ditap di titik mana pada VFO? Apakah rangkaian Buffer #2 yang di atas bisa/perlu ditambahkan, spy VFO tidak terbebani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: