Driver

Rangkaian driver ini merupakan salah satu skema yang didapat dari buku Sarwo Edhi S. tetapi hanya digunakan 2 tahap awalnya saja. Namun demikian outputnya sudah memadai untuk pendorong Final MOSFET.
Transistornya menggunakan transistor yang umum yaitu 2N2222A dan 2SC1162. Percobaan saya ternyata 2SC1162 terasa agak panas sehingga diganti 2SC1971 dan diberi heatsink agak besar. Kebetulan saya punya stock transistor tersebut sisa pemancar 2 meteran.  Transistor 2SC1162 tetap dapat digunakan dengan diberi heatsink yang cukup.
Saya memilih rangkaian ini karena komponennya mudah didapat, terutama induktor / coil yang dibutuhkan. RFC saya gunakan 2,5 mH 100 mA tanpa dirubah, dan untuk tahap kedua cukup menggunakan lilitan bifilar dengan inti potongan ferit dari coil antenna radio biasa.

Output sinyal dari Vackar VFO + Buffer + Driver ini cukup halus sehingga perlu lebih teliti ketika melaksanakan Zero Beat pada penerima radio.  Jika pada frekuensi ada amatir yang sedang transmit maka proses zero beat lebih mudah dengan timbulnya suara mencuit.  Dalam tahap awal pencocokan rangkaian LC oscillator untuk menepatkan band frekuensi yang dikehendaki, dapat dipasang kawat/kabel sepanjang sekitar 1 m pada kapasitor output sehingga sinyal lebih jelas terdengar pada radio penerima.

About jagawana80m

Mencoba menikmati dunia amatir melalui eksperimen.

Posted on 02/08/2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 29 Komentar.

  1. wah ini driver mahall ya om????? itu ada Tr C1971,, Tr mahal itu om,,, hehehe :-p

    • Makanya sebaiknya pakai C1162 saja, tambah heatsink yg agak besar. C1971 sekarang mungkin mahal tapi saya beli kira2 tahun 2000-an untuk cadangan Final HT 2 meteran (servis sendiri), jadi saya nggak merasa kalau itu barang mahal hehehe . . . Transistor driver pasangannya C1971 juga masih ada beberapa butir, umurnya juga sama sudah 10 tahun, mau ???

      • wawan _ dumai

        boleh boleh boleh om,,
        sementara saya gk eksperimen dulu om,, udah 3 hari sakit,, gk kuat nyium bau asep solder,,, heheheh,,, itu bagus jg om skema modulizernya,,, harus d coba jg neh??? sama antenna jemuran handuk oke juga kayaknya,,, hehehehe

  2. Transistor pasangan C1971 Tr apa tuh om??
    Tr C1971 liat2 di online shop harganya mahal amit om,, gk kuat dah pokoknya,, tetap bertahan sama c1162, udah bisa mendorong IRF🙂

    • Biasanya kalau kita ganti Final 2 meteran C1971 maka drivernya diganti juga tuh. Saya agak susah lihat nomornya, transistornya kemasan plastik kecil hitam seperti 2N3904 tapi lebih tinggi (panjang). Yang jelas dia bisa dipake untuk band VHF.

      • Itu mungkin c2053 ato kalo ndak c2538 versi sekarang yg banyak beredar (ntah ori ntah aspal) kalo versi yg lama ori fisik pendek tembem kaki kolektor tengah tebel.

  3. apa bisa juga tuh om untuk 80m,, hehehe
    saya bikin OSC seperti punya wak kabul tp gk keluar2 sinyalnya,, pengen nyoba bikin pre driver seperti wak kabul om,, mumpung ada toroid idung babi,, hehehehehe

    • Melihat skema oscillator Wak Kabul saya rasa tidak ada alasan tidak keluar sinyalnya. Saya pernah bikin dengan pakai spul oscillator SW dan varco plastik biasa, transistor MPF102, bagus sinyalnya tapi harmonik agak banyak. Rangkaian yang pakai 2N3904 adalah buffer, hampir sama dengan yang saya pakai. Barangkali kaki2 transistor yang belum tepat, atau spul yang belum pas frekuensinya silahkan dicoba2. Bisa juga powernya masih agak lemah jadi tidak terdengar di radio silahkan tambah kawat sebagai antenna. Coba terus, lanjutken hehehe . . .

    • Pengalaman sy kemarin juga ndak keluar signal pake vfo wak Kabul, penyakitnya ada di pengaturan lilitan dan C (koker 0.8mm 35 lilit kawat motor Tape dan posisi ferit hampir muncul setengah, ama C nya 1n diseri), punya sy jauh dari skema menurut trial-error 2 bln.. hikk… memang betul tiap pelaku AM80 mesti ada beda dr sekema…

  4. Lanjutken,,, mungkin permasalahannya di lilitanya om,, ngomong2 spul OSC yg kayak mana ya om?? di liat2 di radio koq gk ada ya??😦
    untk sementara saya pake OSC yg di buku sarwo edy om, 1 Tr udah bisa jadi OSC, mudah bikinnya,,🙂 yg penting bisa mancar dulu om,

    • Lihatnya di radio MW/SW jaman dulu, ada spul di sebelah oscillator MW yang feritnya warna merah. Atau coba hitung sendiri pakai rumus induktansi untuk koil satu lapis inti udara kan sudah ada kalkulatornya . Cari dulu berapa nilai L-nya pakai LC resonance calculator, nilai C kasih 100 pF atau 150 pF saja. Sesudah dapat nilai L tsb masuk rumus tinggal dikasih data panjang koil, diameter koil sama diameter kawat email atau jumlah lilitan kan nanti diketahui nilai induktansinya. Silahkan dicoba, bisa kok.

  5. c1162 tuh kira” harganya brapa .. trus modelnya kyk gmn’ pa kyk transistor biasa gan ..

    • 2SC1162 bentuknya kotak warna abu2 tua (gelap), ukurannya sekitar 8 mm x 11 mm tebal 2,5 mm kakinya 3 buah sejajar. Ada lubang untuk baut heatsink di bagian atas tengah. Harganya tidak sampai rp 5000 kalau tidak salah (tidak mahal gitu Bro Didik).

      • transistor C2053 apa ada tempat untuk memasang baut hetsing/pendingin?
        terus letak kaki E,C,B nya dimana ajah?
        & kalo buat final pemancar fm bisa pake 1162 nggak?

      • 2SC2053 adalah transistor kecil untuk driver VHF, tidak ada tempat untuk heatsink karena powernya memang kecil. Jika dilihat dari depan (ada tulisan nama transistor) dari kiri ke kanan = ECB.
        2SC1162 menurut datasheet bisa 100 MHz ke atas, tapi biasanya kita pake untuk band HF, bukan di VHF. Kalau mau coba silahkan saja, seandainya gagal juga tidak rugi banyak (murah).
        Selanjutnya info keterangan susunan kaki transistor dll. bisa dicari bersama Mbah Google sesuai datasheetnya masing-masing.

  6. mas kalo transistor 2sc1162 diganti sama c2538 atau c2058 bisa ngak,, terus
    .. untuk ketiga transistor itu letak E,C,B nya di mana ajah?

    • Transistor 2SC2538 dan 2SC2058 adalah transistor driver untuk VHF. Dari segi kemampuas frekuensi tentu bisa menggantikan 2SC1162, tapi dari kemampuan arus (power) tidak bisa menggantikan karena 2SC1162 bisa menangani sampai 2,5 Ampere sementara 2 transistor terdahulu tidak mampu. Dari kemampuan tegangan juga tidak bisa diganti, TR vhf yg disebutkan tsb hanya mampu untuk 13,5 V sementara 2SC1162 bisa 35 V (kalau diberi modulasi akan jebol).
      Susunan kaki Tr dilihat dari depan, dari kiri ke kanan C1162 = ECB, C2538 = BCE, C2058 = ECB. Begitu info dari datasheet, anda harus mengecek lagi kebenarannya pakai avometer.

      • makasih.. mas info nya, TR 2sc1162 itu bisa keluar berapa wat yah? & eh ya mas pernah bikin pemancar radio fm nggak?

      • Pernah bikin mic wireless modifikasi biar power lebih besar. Sekarang banyak kit pemancar FM dan receivernya, tinggal dimodif saja sedikit sudah jadi transceiver tuh.

  7. iya kabar2 gitu
    pemancar terbitan ronica,saturn, banyak di pasaran, tapy kurang stabil.& nggak jauh pancaran nya, perlu ditambahin boster., pake c1971
    .

  8. sebenernya osilator bisa pake tuner tapy harmonic banyak,! gimana ngilangin nya yah?
    & kalo bikin radio tranciver biar kalo pemancar + mic on reciver off, itu gimana yah?

  9. owh,, jadi bisa pake relay,!
    , trus untuk antena yg mudah pake yg jenis apa yah?
    , eh ya kalo mas punya facebook tolong add fb aku (el_erlan50@yahoo.com)
    sblum nya makasih

    • Untuk FM 88 – 108 MHz antena lebih mudah daripada HF, yg gampang dan pasti berhasil misalnya dipole dan ground plane 1/4 lambda. Slim Jim atau J-Match juga bisa dicoba.

  10. bang ak mao tanya lagi neh, tr c930 letak e,c,b nya dimana yah kalo dilihat dari depan( angka C930 menghadap kita) coz ak lom punya avometer.
    trimz

    • Gampang om, google aja 2SC930 datasheet, nanti muncul dalam format PDF mesti di dalamnya ada gambarnya susunan kaki. Untuk transistor lain juga sama caranya tuh. Di komputer harus ada program pembaca PDF dulu misalnya Adobe Acrobat dsb.
      Kalau tidak salah 2SC930 dari kiri ke kanan ECB, baik transistor yg gepeng maupun setengah bundar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: