Varco PCB

Pembuatan rangkaian pemancar 80 m band seringkali menuntut kita untuk menyediakan kondensator variabel (varco) dengan medium udara yang umumnya terbuat dari logam/alumunium sehingga sering disebut varco logam. Varco logam diperoleh dengan membongkar radio lama yang masih menggunakan tabung, sedangkan pada radio jaman sekarang menggunakan varco plastik yang kurang cocok digunakan pada rangkaian pemancar berdaya tinggi.
Varco logam yang diambil dari penerima radio memiliki spasi antar pelat yang sangat rapat sehingga jika digunakan pada Final pemancar akan mudah menimbulkan loncatan bunga api yang disebabkan tegangan tinggi dan arus yang cukup besar. Pada umumnya rekan amatir menyiasati dengan merenggangkan spasi antar pelat varco dengan mencabut beberapa pelat yg terlalu rapat.
Varco logam saat ini semakin sulit didapat terlebih lagi yang spasinya lebar, sehingga kita perlu mencari alternatif yaitu membuat sendiri dari bahan yang mudah didapat yaitu dari papan bahan PCB (PCB polos). Varco yang dihasilkan memiliki spasi antar pelat sekitar 1 mm – 1,5 mm sehingga tidak menimbulkan loncatan bunga api.
Varco PCB saya gunakan untuk tuning Final MOSFET yang saya buat pada Blog ini dengan perkiraan power output 30 – 50 Watt, tidak menimbulkan bunga api dan tidak menjadi panas.

 

Setelah pelat-pelat tersusun sesuai skema maka seluruh pelat A dan B bagian bawahnya disolderkan pada pelat dasar/alas varco, dan seluruh pelat C salah satu sisinya disolder pada pelat kecil memanjang yang menyatukan seluruh pelat C ketika digerakkan berputar.

 

 

About jagawana80m

Mencoba menikmati dunia amatir melalui eksperimen.

Posted on 03/08/2011, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Maap ya Om Bob, kalau kami rasakan sampeyan ini kok kurang pas disebut amatir radio, kami lebih setuju menyebutnya Homebrewer sejati, genuine dan tak ada duanya. Semoga ide-idenya bermanfaat untuk umat radio brik di seluruh Nusantara. Good Luck 73!

    • Hehehe begitulah Wak Kabul, maksud hati ingin mencoba banyak hal malah tidak selesai-selesai. Mudah-mudahan pemancar Mosfet ini bisa sampai finish. 73.

  2. susah cari As rotornya..

    • Cari yg panjangnya sekitar 10 cm di toko baut. Kalau masih susah bisa digabung pakai capacitor paralel dihubungkan pakai saklar putar/rotary untuk menjangkau nilai kapasitansi yg diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: