MODIFIKASI POWER SUPPLY KOMPUTER

Pengalaman membuat rangkaian power supply dengan kapasitas arus besar membutuhkan trafo adaptor berukuran besar dan berat, elco yang juga besar, serta tambahan rangkaian stabilizer tegangan maupun arus yang belum tentu berfungsi dengan baik.
Ada alternatif power supply yang bisa diandalkan dengan kapasitas arus di atas 10 Ampere, cukup stabil, berukuran kecil dan ringan serta murah (kalau bisa beli yang bekas :o) yaitu memanfaatkan power supply komputer.
Acuan silahkan tanya Mr. Goooogle, saya sudah mencobanya dan berhasil.

Tahap-tahap pembuatan :

1.  Beli power supply computer yg baru sekitar Rp 100 rb – Rp 250 rb-an tergantung merk dan kapasitas arusnya.  Yang bekas lebih murah tapi harus dipastikan dulu bahwa dia masih “hidup”.  Waktu membeli lihat tabel kapasitas tegangan dan arus untuk masing-masing tegangan tersebut, pilih yang sesuai dengan keinginan.  Tabel ini ada yang dicantumkan pada box ada juga yang ditempelkan pada body power supply.  Waktu membelinya jangan lupa beli juga kabel AC yang sesuai untuk menghubungkan ke PLN.

2.  Buka baut-baut yang ada di pojokan box sehingga rangkaian bagian dalam power supply terlihat jelas.  Apabila anda menggunakan yang bekas sebelum melaksanakan ini ada baiknya dibiarkan dulu beberapa hari dan setelah dibuka semua sambungan kabel yang terbuka khususnya di dekat elco-elco besar dicek dengan test-pen karena di sinilah sumber tegangan tinggi yang MEMATIKAN.  Waspadalah ! ! !

3.  Anda lihat kabel-kabel sekalipun jumlahnya banyak tetapi kabel yang warnanya sama berasal dari ujung yang sama pada PCB power supply, dan biasanya pada PCB tersebut ada tulisan tegangannya.  Punya saya menggunakan Simbadda 380 Watt sebagai berikut :  Oranye = 3,3 Volt, Merah = 5 Volt, Kuning = 12 Volt dan Hitam = 0 (nol) Volt.  Ada juga beberapa kabel lain yaitu – 5 Volt dan – 12 Volt tapi tidak saya pakai jadi dipotong saja.  Saya hanya menggunakan tegangan + 5 Volt, + 12 Volt dan 0 (nol) Volt sehingga saya menyiapkan 3 binding post untuk sambungan outputnya serta potongan PCB yang sudah dibuang tembaganya untuk tempat dudukan binding post tersebut supaya tidak korsleting.

4.  Dari banyak kabel yang ada maka kabel-kabel yang warnanya sama digabungkan jadi satu dan dipotong sesuai kebutuhan, saya menggunakan 4 – 6 kabel digabungkan ujungnya dan disolderkan pada binding post yang sesuai. Sisanya dipotong/dibuang atau disisakan sedikit pada PCB dan diberi isolasi.

5.  Di antara kabel-kabel tersebut ada yang jumlahnya masing-masing hanya 1 buah yaitu berwarna hijau dan abu-abu.  Kabel hijau berfungsi untuk menghidupkan power supply dengan cara dihubungkan ke kabel 0 (nol) Volt  (hitam) melalui saklar, bisa saklar geser atau saklar toggle, cukup yang berukuran kecil saja.

6.  Kabel abu-abu merupakan kabel indikator OK sehingga power supply akan melanjutkan operasinya.  Saya menghubungkan kabel abu-abu ini ke kabel + 5 Volt (Merah).  Ada yang menganjurkan menghubungkan kabel abu-abu ini kepada LED di seri dengan resistor sekitar 240 sampai 330 ohm kemudian ke kabel 0 (nol) Volt (hitam) sehingga sekaligus berfungsi sebagai indikator “ON” tetapi saya tidak mencobanya.

7.  Untuk indikator “ON” saya menghubungkan kabel dari + 5 V ke resistor 330 ohm kemudian ke anoda LED selanjutnya dari katoda LED ke kabel hitam ( nol Volt).

8.  Dari binding post + 5 Volt ke binding post nol Volt dihubungkan resistor 10 ohm / 10 Watt sebagai beban agar power supply bisa beroperasi secara optimal.  Saya menggunakan 2 buah resistor 22 ohm / 5 Watt paralel, disolderkan ke binding post menggunakan kawat NYA diameter 1,5 mm sehingga resistor ini menggantung di depan kipas power supply.  Dengan demikian resistor tidak akan kepanasan dan lebih awet.

9.  Cek semua hubungan kabel dan solder, pastikan pada rangkaian tidak ada sisa-sisa logam hasil melubangi pelat untuk memasang binding post dan baut tambahan, karena bisa menyebabkan korsleting.  Jika semua sudah benar dan bersih tutup kembali power supply, pasang baut-bautnya dan pasang kabel ke PLN.  Geser saklar ke posisi “ON”,  jika rangkaian sudah benar maka kipas akan berputar dan silahkan diukur tegangan pada binding post.  Jika anda masih punya sisa resistor 10 ohm / 10 Watt maka bisa dihubungkan satu ujungnya ke binding post nol Volt dan ujung yang lain ke terminal tegangan yang diinginkan kemudian diukur tegangannya masing-masing.  Besar kemungkinan tegangan yang terukur sesuai dengan yang sudah dicantumkan pada tabel power supply.

10.  Power supply modifikasi ini sudah cukup stabil sehingga tidak perlu rangkaian stabilizer tambahan.  Pada outputnya juga tidak perlu ditambah elco yang berkapasitas besar, cukup dipakai begitu saja apa adanya.  Penambahan elco besar akan menyebabkan pada saat “ON” seolah-olah rangkaian terjadi korsleting karena arus tersedot mengisi kapasitor, kemungkinan power supply menjadi tidak stabil dan tidak jadi hidup.  Yang perlu dicek ulang adalah cukup besarnya peluang timbulnya QRM terutama jika menggunakan power supply yang murah atau bekas  :o)

Selamat mencoba dan jangan lupa berhati-hatilah dengan rangkaian bertegangan tinggi, selalu check dan recheck sebelum menyentuh kabel-kabel yang terbuka atau sambungan solder karena kelalaian bisa menyebabkan KEMATIAN.

Perhatian : Tanpa saya beritahu mestinya Anda sudah tahu bahwa melaksanakan modifikasi ini akan membatalkan garansi apapun yang berlaku pada Power Supply yang anda beli.

Tulisan ini dibuat sebagai tambahan pengetahuan dan siapapun DILARANG  UNTUK MELAKSANAKAN MODIFIKASI INI TANPA KETERAMPILAN DAN PERLENGKAPAN YANG MEMADAI.

About jagawana80m

Mencoba menikmati dunia amatir melalui eksperimen.

Posted on 06/09/2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 107 Komentar.

  1. power supply PC merupakan power suplly dengan dana yg minim,, hehehe
    coba aja bandingkan 100rb udah dpt yg baru, udah bisa dpt tegangan 12volt 15A,, mantaff om bob,, ternyata pernah jg ya pake power suplly PC,,

    • Betul sekali Wan, hemat biaya dan hemat energi pengerjaannya tidak repot tapi kalau tidak disiplin beresiko tinggi (bisa mati kena setrum, hati-hati). Nanti saya pakai untuk Final Mosfet biar tendangannya jauh. Percobaan terakhir malah modulasinya yang kalah tidak bisa ngangkat. Pantang Mundur ! ! !

  2. CEPAT DONK MAS PASANG FOTONYA DAN KABEL YG BAGIAN MANA YG DI PAKAI UNTUK POWER SUPLY DAN BRAPA TEGANGAN KELUARNYA DAN APA PERLU RANGKAIAN PENGARAH ARUS ????

    • Iya sabar Boss, ini proyek gampang dan pasti berhasil. Saya masih mau bikin satu lagi untuk percobaan di-seri biar dapat 17 V dan 24 V arus 14 Ampere. Sabar ya Boss soalnya kemajuannya seminggu sekali hehehe . . .

  3. harus ekstra hati2 om,, kemaren udh pernah neh eksperimen pake Power suplly PC bekas,, lumayan beli seken cuman 50rb,, sekali di pegang bodynya ternyata sentrum,, langsung kejengkang saya,, heheheh

    • Coba periksa PCB-nya, punya saya salah satu baut ternyata ada yg menghubungkan AC ke body walaupun lewat capacitor (seharusnya body dapat ground pada kabel PLN yang tiga jalur). Mungkin lebih aman kalau diputus saja, atau kita harus disiplin mengecek mana jalur netral PLN diberi tanda sehingga tidak kesetrum. Untungnya waktu saya coba jalur netralnya tepat jadi masih panjang umur hehe . . .

  4. Yah ditunggu deh tekniknya kalo Om bisa dapet lebih dr 15v utk PSU PC. setahu sy sudah dari IC nya mentok keluar kisaran 14v. ndak tahu lagi kalo di modif sebelah mananya bisa naik. Ini juga pake 2 thn utk rig VHF ngga rewel, beli bekas yg murahan buat dimodif. tapi kalo buat radio kempitan penuh interfere..

    barangkali kit PSU yang untuk TV bisa dipake, kendala mungkin Ampere yg kelewat kecil.🙂

    • OK dicoba terus, mungkin bisa digabung dengan inverter untuk power di mobil ? Saya baru ketemu dia bisa merubah dari 12 V DC menjadi +/- 18 V dan +/- 32 V arus sampai 7 Ampere. Kita tunggu percobaan berikutnya.

  5. kalo punya saya yg beginian ini menimbulkan radio penuh derau… jadi kalo lagi pake HF ya pake power supply biasa dulu.. yg switching dianggurin, beda lagi kalo di VHF sih tidak ada masalah..
    Hasil percobaan pak jagawana gimana ? bisa menghilangkan derau PS switching ini di radio kempitan?
    terima kasih

    • Ya nyambung masalah filter2an barangkali bisa nyontek punyaan radio2 tabung..

    • Betul Oom Bondan, percobaan sekilas saya coba pada QRP Tx malah sinyal oscillatornya hilang tertutup derau alias noise. Saya mau coba ditambah “Auto Noise Filter” untuk audio di mobil barangkali bisa hilang itu deraunya. Tunggu laporannya.

  6. tambah keramik, bisa mengurangi noise. murah dan efektif. yang bagus memang ANF …. tapi lumayan mahal tuh buat ukuran aku.

    • Keramik kapasitas berapa, pasang dimana mungkin bisa diperjelas sehingga lebih bermanfaat untuk kita semua.

      • munkin kramik merek Platinum Om.. ukuran 60×60😛

        kata2nya sih ukuran 470-an pf…
        dipasang kayak filter modulator PWM ituh.. ~C-L-C~
        trus input AC juga diberi, tp cumak “C” aja (biasanya bawaan sudah ada)
        pernah nyobak tp kurang greng, munkin krena salah itung “L”nya.

      • Ya nanti kita coba, sekarang masih nganggur PSU-nya saya pakai yang lain dulu untuk eksperimen.

  7. bang, saya pke resistornya yang 10 ohm 20 watt bisa gak ?

  8. Sedikit tambahan, biar bisa nendang 13.8 Volt (nggak guget) kalau itu IC -PWM-nya pakai TL494, cari resistor yang ke output 12 Volt-nya, biasanya ukurannya 27K, copot resistor ini dan ganti dengan resistor 10K dan diseri dengan VR 5K/10K…atur ulang penalaan keluaran tegangan dengan memutar VR hingga didapat voltase 13.8 Volt…pengalaman saya, oprek model gini hanya bisa nendang sampai batas maksimal 14.2 Volt sebelum proteksi overvoltage bekerja dan mematikan paksa PSU, ini ada baiknya jadi PSU akan tetep stabil, namun masalahnya saya pengin bisa nendang sampai 15-16 Volt…memahami skema2 PSU komputer yang beredar dari penerawangan mbah Google belum bisa membantu banyak karena konfigurasi proteksi arus dan tegangan beraneka ragam dengan basis LM339 (393? Pokoknya yang op amp komparator)… atau mungkin membangun PSU switching ala “Manfred homoludens” bisa juga jadi referensi…nah kalau udah ketemu mohon Om Bob diupdate bagaimana agar PSU yang diomongin disini bisa nendang 15-16 Volt seperti yang saya harapkan…. Terima Kasih🙂 salam radio bodol🙂

    • Iya om Rudik Wid, justru saya cari2 database IC-nya saja tidak ketemu jadi sementara stuck pada tegangan 12 Volt. Pol-polnya ya diseri dua buah atau lebih bikin TOWER OF POWER hehe . .

  9. mas jagawana saya mau bertanya :

    kalo 22 A + 22 A = 44 A / 528 W.

    nah kalau kabel 22 A + 22 A di gabung nanti bisa bikin konslet tidak?

    saya baru beli PSU harga 600rb, mohon bantuan nya ya mas.

    • Kebanyakan orang mengusahakan diseri untuk dapat tegangan lebih tinggi. Kalau tegangannya tetap dan mau paralel 2 biji secara teori tidak masalah karena groundnya sama. Untuk pengamanan bisa dikasih dioda saja pada output masing-masing. Tapi saya belum mencobanya ya.

    • Mas Farri kebanyakan orang bikin diseri untuk mendapat tegangan lebih tinggi sudah ada yg menjelaskan bagaimana beberapa PSU komputer ditumpuk jadi satu menjadi “Tower of Power”.
      Untuk arus lebih besar secara teori tinggal diparalel saja karena sistem ground-nya sama, tapi ada kekuatiran kedua rangkaian saling mempengaruhi. Coba dipastikan saja kedua unit PSU yang akan diparalel masing2 sudah memiliki R beban, kemudian pada outputnya diberi dioda dengan kapasitas arus yang sesuai. Dengan adanya dioda ini tegangan output akan sedikit berkurang tetapi PSU yang diparalel tidak akan saling mempengaruhi.
      Kira2 begitu gambarannya tapi saya belum pernah mencoba. Peluang memanfaatkan PSU komputer untuk power supply rangkaian radio HF saya tunda dulu karena belum ada filter yg cocok supaya tidak mengganggu penerimaan signal.
      Selamat bereksperimen dan hati2 dengan tegangan atau arus yang tinggi karena kesalahan bisa berakibat fatal.

  10. salam kreatif,
    gan, saya pernah baca trik seputar power supply.. tapi belum sempet coba … data kabel PS :
    1.Merah : +5 V
    2.Oranye : +3.3 V
    3.Kuning : +12 V
    4.Hijau : Switch On PSU
    5.Biru : -12 V
    6.Hitam : Ground

    selain kita dapet 5v dan 12v. kita juga bisa dapet 17v dan 24v dengan kombinasi kabel:
    17v –> kabel merah sebagai kutub positif (+) dan kabel biru sebagai kutub negatif (-)
    24v –> kabel kuning sebagai kutub positif (+) dan kabel biru sebagai kutub negatif (-)

    CMIIW

    • Memang betul bisa didapat tegangan seperti iu tetapi yang sulit adalah mendapatkan arus yang besar, mengingat kapasitas untuk masing2 tegangan tidak sama kemampuan arusnya.

  11. mohon pencerahannya saya memodifikasi psu untuk amplifeir mobil, sudah berhasil nyala namun saat suara keras psu mati seketika,,, apa yang salah?? minta solusinya pak

    • Coba diukur pada saat suara keras tsb berapa amper arus yg ditarik amplifier. Tampaknya arus yang dibutuhkan terlalu besar sehingga PSU masuk kondisi proteksi dikira rangkaian korslet.

  12. om psu dibuat charger battery nicd untuk mainan tamiya bisa nggak…. da tambahan ga?

    • Wah saya rasa jatuhnya jadi mahal mas kas kalau untuk pribadi lebih baik pakai charger nicd betulan kan banyak. Kecuali anda sekali charge 10 biji dan punya PSU bekas bisa dicarikan rangkaiannya.

  13. gimana cara mendapatkan power -/+12vdc CT dari PSU komputer untuk amplifier rakitan?

    • Dari PSU komputer sudah ada output 12 Volt simetris ( +/- ) tetapi kapasitas arusnya yang minus lebih kecil sehingga tidak bisa dipakai langsung untuk arus besar. Harus dimodifikasi trafonya gitu Bang dan saya belum ada waktu ngoprek PSU ini. Mohon maaf.

  14. Pak jagawana saya mo tanya, utk psu rakitan bapak buat pesawat radio komunikasi Rig apa bisa mumpuni misalnya cuma low? apa tidak ada noise ?

    • Kapasitas arus PSU pada tegangan + 12 V biasanya bisa sampai 15 Ampere sebenarnya sudah memadai untuk power supply rig dengan output 50 – 75 Watt. Untuk mengatasi noise bisa ditambah rangkaian filter pada outputnya.

  15. pak sebelum sy potong kabel 24 pin,sy coba jmper kabel hijau dgn hitam,PSU berhasil hidup…tp saat sy potong semua dan sy ikuti ssuai petunjuk digambar..sy cb hidupdkn saklar nyalanya hanya dlm hitungan detik….kira2 yg salah apanya ya pak…mohon pencerahannya

  16. Mohon pencerahannya ya om…^^ pengen belajar
    lihat di http://www.duniakomunikasi.com/2012/04/power-supply-untuk-radio-rig-murah.html ituh kan kabel di power supply yang warna kuning ntuh +12 V/ 12 A….
    kalau misalnya pengen di rubah menjadi +12 V / 1,25 A gimana caranya om….?
    kira2bisa ngak ya di rubah, apa ngak perlu di rubah om?
    tuh adaptor scaner saya segitu besaranya…saya pengen nyoba buat scaner bisa ngak ya?
    maaf kalau belepottan om…beneran pengen belajar saya…..Mohon pencerahannya ya om..makasih Sebelumnya ^^….

    • Kalau hanya perlu 1,25 Ampere lebih baik bikin pakai trafo biasa saja, atau beli adaptor 12 Volt di toko elektro sudah cukup. Bilang saja yang 2 atau 3 Amper biasanya ada. Power supply switching modifikasi biasanya untuk arus besar karena lebih praktis.

      • dulu juga pernah mau beli sih om tapi harganya mahal tuh adaptor..nyampe 125 Ribu…pas kemarin lihat tulisan om ini kepikirian ide kaya gitu…soalnya banyak power supply ngak kepake di saya, makanya pengen nyoba bisa ngak di bikin buat ntuh ^^…tapi makasih deh om buat sharingnya …Keren Blognya om..Salam ^^

      • Sebetulnya tetap bisa dipakai karena kebutuhan arus alat yg dipakai lebih kecil dari power supply-nya. Tetapi perlu diingat bahwa dari PSU komputer seringkali masih meninggalkan getaran dari proses switchingnya sehingga perlu difilter lagi. Di samping itu ada resiko kelebihan arus yang bisa menyebabkan perangkat terbakar sehingga perlu dipikirkan adanya rangkaian pembatas arus.
        Intinya, silahkan dicoba tapi hati-hati jangan sampai scanner anda rusak.

    • belikan aja switsing dvd harga kisaran 20-25 rbu

  17. harjun adhitya

    Maaf om mw nanya, kalo kyk gitu dibikin bwt charger switching baterai tamiya bisa ga ya? Biasanya yg dipakai 5V 30 ampere, tp bisa sampai 3-6 ampere, cara bikinnya gmana ya?
    Soalnya kalo beli rakitan, cuma ditambah box sama pendingin saja harganya bisa sampai 1juta lebih,,bagus lg bisa dtambah fitur lain kyk discharge gtu,,
    Kan bisa hemat byk kalo bikin sendiri,,
    Mohon bimbingannya,,

    • Kalau yang dibutuhkan tegangannya tetap 5 Volt tinggal pakai terminal 5 Volt dipisahkan saja. Untuk pembatas arusnya bisa pakai rangkaian dengan IC LM317, tiap IC bisa digunakan mengatur arus konstan sampai 1,5 Ampere.

  18. wah cocok mas emang untuk pengganti power supply linier(baca trafo) yang harganya MAHAL …..saya sudah pernah pakai untuk electrolisis ..pake kabel merah +5volt dan ground warna hitam…hasil keluaran arus 7A udah bagus …juga keuntungan nya efisiensi nya besar juga dibanding PS linier .. :3…saya juga mau tanya mas…klo untuk dipakai continue pada arus besar tetapi dibawah arus maksimum pastinya..apa PSU nya tahan ? untuk beberapa hari …..trims mas

    • Wah saya pakai untuk radio ya hanya jangka waktu pendek, apalagi pada mode SSB maka arus yang dibutuhkan tidak kontinyu. mohon maaf saya belum eksperimen utk dipakai kontinyu dalam waktu lama.

  19. permisi om…
    q mw taxa, q tertarik dengan buat switching dr bekas PSU PC…
    tp berhubung dengan minimnya dana q ganti pkek rangkain lampu hemat energi…
    cuman pada bagian tr yg 13001 q ganti dari dengan 13007 yg biasa q liat terpasang d PSU.
    d situ q tambahin rangkaian sendiri dengan tambahan lilitan dr PSU PC buat ngambil tegangannya.smwx udah berjalan sesuai yg d inginkan…
    tp kenapa 13007 t lbh sering mati…
    adagak yg sejenis dengan 13007 namun yg lebih kuat…
    maksudnya yg sejenis switching transistor tp lebih kuat atau kalau bisa minta sarannya gimana buat nyelesaiin masalah in….

  20. Achamd Afandi

    mas, bisa gak ya buat charger accu mobil ? trim

    • Pada prinsipnya bisa mas Achmad, tetapi harus dipertimbangkan beberapa hal :
      1. Perlu dibuat pengatur arus, yang aman kalau tidak salah adalah untuk pengisian selama 10 jam. Misalnya accu anda 40 AH maka pengisian adalah 4 Ampere. Untuk pengatur arus konstan bisa menggunakan rangkaian LM317.
      2. Accu dalam kondisi penuh tegangannya sekitar 13,8 Volt jadi PSU harus bisa menghasilkan tegangan sedikit di atasnya. jika tetap menggunakan 12 Volt accu tetap bisa dipakai tetapi kapasitasnya kira2 hanya 95 persen saja.

  21. untuk power supply yg sudah modif ada jualkah???
    kayaknya bagus?mau coba2 dulu>>soalnya tidak ada waktu buat bongkar2…mau yg sudah jadi aja.. kalau ada ditunggu infonya : onasismks@gmail.com

    • Kalau mau beli jadi silahkan google saja ada yg jual asli switching. Kalau yg modif PSU biasanya di Hamfest ada yang jual, saya lihat waktu hamfest di Solo. Sementara saya disini hanya eksperimen dan belum saya pakai untuk menguji batas maksimalnya.
      Sementara ini saya masih mengandalkan power supply biasa pakai trafo kebetulan masih punya yang 10 A.

  22. mohon pencerahan bisa gax om buat power audio kisaran 1200 wat tegangan yang di perlukan 15 dan 17 volt
    apa perlu di tambah rangkaian untuk hasil mksimal??

    • Mas agus untuk 1200 watt audio tsb dengan supply 15 dan 17 volt perlu berapa amper ? Kalau masih 10 – 15 A bisa pakai modifikasi rangkaian PSU komputer. Tapi kalau lebih besar sebaiknya pakai power supply switching yang khusus dirancang untuk itu. banyak rekan yang menyusun secara paralel antara 5 sampai 10 buah tetapi perlu penataan dan pengamanan tersendiri terkait arus yang sangat besar.

  23. Kalau buat Charger Automatic bisa..?????

    • Bisa saja om, tinggal ditambah rangkaian pembatas arus konstan sesuai lamanya waktu charge yang dibutuhkan, silahkan pakai rangkaian constant current regulator LM317.

  24. mohon pencerahan mas sy punya mobil mainan anak tapi pakai aki 6 v 7A kalau sy mau ganti dg aki motor yang 12 v harus di tambahi rangkaina apa ya kl ada tlg skemanya sekalian thxz sebelumnya kl ada tlg email ke pian354@gmail.com

  25. saya udah coba untuk merubah power supplay komputer untuk adaptor radio komunikasi rig merek icom 2200 saya tidak memakai beban atau resistor seperti yg diatas….kalau saya pake resistor 22 ohm 10 watt..resistornya panas pada 12 volt….pertanyaan saya apakah kendala kalau saya tidak pakai beban tsb…apakah power cepat rusak…..tapi untuk saat ini saya pergunakan tidak ada masalah….dengunganpun tidak ada…mohon penjelasan lebih lanjut…terimakasih….

    • Beberapa merk power supply switching untuk komputer mempersyaratkan adanya beban pada salah satu jalur output agar seluruh rangkaian bisa ON, sehingga dipasanglah resistor tersebut. Memang resistor akan terasa panas hal ini wajar saja. Rangkaian power supply model yang lebih baru sudah mempunyai beban internal sehingga tidak dipasang resistor beban pun sudah bisa ON.
      Apabila punya anda sudah bisa ON walaupun tanpa beban silahkan digunakan saja, tidak apa-apa begitu boss.

  26. om… klu di buat charger accu mobil 60 Amper apa bisa, krn saya udah buat n sudah bisa bisa on, saya pakai power suplay merk inforce 500 watt, n ditabel klu kabel kuning 12 volt/20 amper…

    • Untuk digunakan sebagai charger accu berarti harus membatasi arus yang digunakan, sebaiknya 1/10 dari arus total accu. Jika accu anda kapasitas 60 Ah maka sebaiknya dicharge dengan arus 6 Ampere saja selama 10 jam supaya accu tetap awet. Jika arus charge tidak dibatasi memang accu cepat penuh tapi akan panas sekali dan cepat rusak karena sel accu tidak merata perpindahan ionnya atau malah lepas2 dari pelatnya.

  27. bos aq dah melakukan modifikasi power supply merk mentari…dan berhasil mendapatkan tegangan 13,8vdc dan sudah menambakan di outputnyanya resistor 100ohm 5w kq pas ane pencet ptt di rig icom v8000 kondisi low, power supply langsung mati(kyk protek gitu bos)ada masalah ga sama power supply ane?

    • Modifikasinya bagaimana, mungkin bisa dijelaskan dulu. Yang rangkaian punya saya tidak sampai 13,8 V cukup standar punya PC saja 12 V tidak apa2 dipakai beban sampai 10 Amper. Coba diceritakan dulu om bagaimana modifikasinya dan rangkaian tsb pakai IC apa, apakah TL494 ?

  28. saya dah coba om, pake yg
    250W buat nyalain tape cd
    mobil sama kipas buat
    ngipasin tape hasilnya
    lumayan, buat ngangkat 4
    woofer + 2 tweeter suaranya
    bagus, basnya juga lumayan
    nendang. ni udah saya
    panteng 3 hari 4 malam,
    dari malam kamis mpe
    sekarang minggu pagi ga ada
    masalah, belum ada tanda2
    yang aneh. sementara masih
    dipake buat dengerin musik,
    kalau memang bisa tahan
    mau tak pake buat masteran
    burung. hehe. makasih om.

  29. bagaiman klo saya memakai power supplay 450W, apakah resistornya sy tambah atau bgmn gan?

  30. klo buat charger fast untuk batere nicd 1,2 volt mengunakan PSU bisa pak,,,/ trims,,

    • Mas kayaknya lebih gampang dan murah, efektif dan efisien pakai charger khusus NiCd karena ada persyaratan teknisnya supaya batre awet bisa dicharge berulang2 sesuai spesifikasi pabrik. Kalau asal menjawab pertanyaannya, jawabannya BISA, tapi tidak awet malah cepat rusak.

  31. om mau tanya, aku bikin psu modif seperti diatas untuk charge bateray, tegangan yg dipakai 5v. kalau untuk charge seri 2bateray bisa om, tp kalau dibuat per-bateray kok psu mati kenapa ya om, psu mati seperti konslet/protek gitu. makasih om..

    • Sebentar mas, coba cerita dulu batre yang dicharge tegangan berapa dan kapasitas arus berapa ? Anda pakai pengatur arus tidak ?
      Kemungkinan hambatannya rendah maka arus yg mengalir terlalu besar pastinya rangkaian protek dan batrenya panas. Coba, diceritakan dulu boss.

      • baterai AA nicd 1,2v 1000mah om. buat fast charge gitu om, skitar 1menitan.
        .
        kalau untuk nurunin amper nya gimana ya om. misal biar bisa 5v 2A gitu.

        makasi om sblmnya..🙂

  32. Bos…klo buat carnger accu 70 A,12V gimana caranya biar maksimal….?
    mohon penjelasannya,apasaja yang dibutuhkan.

    • Kalau cara nge-charge yg sederhana ya tinggal dikasih setrum saja sesuai voltase akinya, kalau aki 12 V ya boleh dikasih 12 V juga atau sesuai tegangan penuh aki yaitu 13,8 V. Untuk arusnya supaya aki awet diatur untuk ngecas selama 10 jam, jadi aki 70 Ah di charge 10 jam perlu disediakan power supply 13,8 Volt kapasitas 7 Ampere. Sesudah disambungkan ke aki maka power supply ini bisa dibiarkan saja toh nanti setelah 10 jam tegangan aki = 13,8 V sama dengan power supply jadi tidak ada arus yg mengalir.
      Alat charge yg canggih pakai pengaturan trickle charger dan desulfurizer saya belum ngerti boss hehe . . .

  33. rizki nak bolokoncong

    om jagawana kalok buat amplifier 150 watt stereo caranya digimanain ya??

    • Sekarang banyak modul sudah jadi di toko elektro, apakah yang dimaksud itu ? Atau membuat dari komponen satu per satu termasuk bikin PCB-nya ?

      • rizki nak bolokoncong

        maksudnya..kan ampli nya udah jadi..tapi gx ada trafonya….naa kalau pakau power suply komputer caranya bagaimana biar bisa gantiin trafo…
        maklum om masih kelas satu smk …hehe

      • Kalau begitu saya tanya lagi, amplinya pakai transistor atau IC, kalau IC tipenya apa dan perlu tegangan berapa volt ?

  34. Saya coba pada PSU merk Okaya 500 Watt, tidak bisa jalan. PSU nyala 1 detik kemudian mati kembali. Modifikasi yang saya lakukan persis mengikuti cara di atas. Apa kira-kira yang salah Pak Jagawana? Terima kasih..

  35. Saya msih kurang mngerti bang itu yg di kbel lednya lngsung apa dksih resistor ane bnrran awam soal elektronika.resistornya ko g kliatn ya bang.terimksh dan mhon maaf

  36. Rekan2 elektro dimanapun kalian berada kini telah beredar psu ct dari 24v sampai 45v sedangkan arus dari 5-25ampere, Keluaran Output sangat STABIL dan MANTAP. Harga dari 350rb sampai 650rb tergantung tegangan dan arus yang dikeluarkan. Bagi yang berminat Hubungi Yanto (Hp 085785293190). Maaf Om Jagawana saya promosi lewat blognya Om

  37. Salut Bro ulasannya, tutornya simpel namun sangat jelas.
    Terimakasih. PSsaya sudah jadi dan berfungsi baik.
    Salam & sukses selalu
    Regi

  38. Gan, Modif ane kok body nya nyetrum ya…? (ketika ane cek pake multimeter, body jadi negatif dan output 5V jadi positif) terbaca 5V.. untuk output yang lain juga terbaca sesuai nilai tegangannya… bagaimana ya ngatasinya??
    lalu PSU sy bisa hidup tanpa beban external, ketika ane pakein beban tambahan bebannya panas walo dah diganti dg yang 18 ohm 10 watt (sebelumnya 12 ohm 5 W). mohon pencerahannya… terimakasih

    • Kalau tidak pakai beban sudah bisa hidup berarti dia sudah ada beban internal sehingga tidak perlu ditambah beban lagi. Kalau body nyetrum tinggal dibalik saja colokan listriknya mas, atau anda pasang ground-nya yg bagus.

      • Terimakasih saran agan sudah ane lakuin n ternyata pcb nya nyenggol casing… trus ana ganjel pake tutup Aq*a galon n beres dah… aman gak nyentrum lagi…🙂

  39. Yoga van hallen

    Mas jagawana kalo mau bikin indikator led buat tanda arus AC ud masuk gmn yah ?? Jd sy mau bkn dua switch tanda arus AC on sm tanda DC on mohon arahan nya

  40. assalamu’alaikum, salam kenal pak. jadi ngiri nih liat pada bisa elektro semua. pengen juga belajar elektro tapi bingung mulainya dari mana untuk pemula seperti saya ini…

    • Wa alaikum salaam wa rohmatulloohi wa barokaatuh. Mulai dari pengenalan komponen dan sifat atau karakteristiknya, cara mengetes atau menguji, cara menggunakan alat ukur (AVO meter dsb), mulai membuat rangkaian2 sederhana sesuai minat : audio, radio, otomotif dsb, bertahap mencoba yang level menengah dan seterusnya.
      Sekarang sudah banyak sumber dari internet sehingga belajar sendiri jadi lebih mudah. Di samping itu banyak yang bersedia menjadi tutor atau pembimbing gratis via media sosial, jadi jangan putus asa. Mumpung masih sempat, mari dikerjakan sekarang hehe . . .

  41. Assalamu’alaikum Pak, mohon bantuannya. Mobil mainan punya anak saya pake aki kering dengan tegangan 12Vdc 7AH (2 buah aki 6V 7AH dirangkai seri), Apa akinya bisa diganti dengan aki motor?Skema rangkaiannya seperti apa? Terimakasih pak …..

    • Kalau memang benar akinya 2 buah diseri, dan tegangannya benar 12 Volt, maka pakai aki motor yang 12 Volt bisa langsung dipasang tentunya menyesuaikan kabel plus dan minusnya. Tidak perlu alat tambahan lain pak. Tapi sekali lagi, tolong dipastikan dulu.

  42. assalamualaikum,..pak boleh minta alamat facebook/email nya ingin konsultasi lebih lanjut maslah elektro.terimakasih

  43. Om Bob, klu buat pake Ngecas Aki Kering 12V 3ampere bisa nnga ni Om Bob…?

    • Untuk ngecas aki yang aman adalah jika penuh dalam 10 jam. Untuk aki 3 amper berarti seharusnya cukup pakai yang 0,3 amper saja. Saya ngecas aki motor pakai trafo adaptor 500 mA saja kok, dikasih dioda bridge langsung ke aki.

  44. kang jagawana kalo ga di modif kira2 buat pemancar 80 wat pake power supplay 12 volt 20 Amper kira2 kuat ga kang..?

    • Pemancar 80 watt dengan efisiensi 50 % mestinya membutuhkan daya DC 180 – 200 watt. Artinya kalau di 12 volt arusnya paling tidak 17 ampere. Katakanlah drivernya 5 watt butuh arus 1 ampere jadi total 18 ampere, sehingga PSU 12 volt 20 ampere mestinya sudah cukup kalau memang betul2 bisa menghasilkan arus 20 ampere tanpa menurunkan tegangannya.

  45. H. Kuat Slamet

    met kenal dulu>
    Nama saya H. Kuat Slamet, tinggal di Purwakarta. Saya baca di Web anda tentang modifikasi power supply di jagawana80m.wordpress.com terima kasuih saya banyak belajar. Saya masih pemula (0) Saat ini saya butuh adaptor 19 Volt dengan arus 7 AMP TOLONG PENCERAHANNYA trimakasih>

    • Wah kalau merubah tegangan dan arusnya saya belum coba, kebanyakan rangkaian acuan modifikasi adalah yg menggunakan TL494 sementara yang saya coba menggunakan IC jenis lain. Silahkan dilihat dulu IC-nya apa pak H. Kuat Slamet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: