Pelindung PCB Homebrew (Jus Gondorukem)

Permasalahan yang saya hadapi setelah membuat PCB homebrew adalah setelah dibiarkan beberapa waktu maka lapisan tembaga PCB akan teroksidasi. Permukaan logam yang semula mengkilap menjadi kusam dan berubah warna kadang-kadang menjadi kehitaman. Rangkaian yang sudah jadipun dengan berjalannya waktu lapisan PCB-nya akan teroksidasi, terlebih dalam kondisi lembab bisa muncul karat berwarna kehijauan.

Dulu sewaktu masih SMP saya sering membaca di majalah Elektron ada spray khusus pelapis PCB buatan Jerman dengan fungsi melindungi lapisan tembaga dari korosi dan memudahkan proses penyolderan, tetapi waktu itu tentu hanya menjadi angan-angan saja bagi saya untuk memilikinya.

Ketika saya memulai lagi hobi homebrew ini permasalahan yang sama muncul kembali, tetapi kali ini saya bisa terbantu oleh kehadiran internet dengan beraneka ragam informasi di dalamnya.
Saya sudah lupa dimana memperoleh informasi ini tetapi saya sempat membaca cara melindungi PCB menggunakan gondorukem, saya coba dan saya praktekkan yaitu sebagai berikut :

1. Ambil botol kaca / gelas ukuran 100 ml kurang lebih. Cari yang ada tutupnya logam berulir. Punya saya pakai botol bekas obat batuk hitam, silahkan pakai botol bekas apa saja tidak akan mempengaruhi hasilnya.
2. Isi botol dengan thinner untuk cat kira-kira 80 %, pokoknya tidak penuh begitulah kira-kira.
3. Ambil gondorukem, atau di toko besi / bangunan kadang-kadang disebut siongka (salah satu campuran untuk plitur).  Bentuknya berupa kristal berwarna kekuningan. Jumlahnya yang dibutuhkan jika dipadatkan kira-kira berukuran 1 cm x 1 cm x 1 cm. Hancurkan sehingga berbentuk tepung halus. Caranya bisa ditumbuk (resiko sebagian hilang terlontar kemana-mana), atau diiris/dikikis sedikit-sedikit menggunakan pisau.
4. Masukkan sebagian bubuk gondorukem ke dalam botol berisi thinner lalu botol ditutup rapat dan dikocok-kocok sampai kristal gondorukem larut. Demikian terus diulangi sampai bubuk gondorukem habis atau mulai ada kristal yang tidak larut.  Selesai.
5. Beri label pada botol dan tulisan peringatan, kemudian simpan di tempat yang aman jauh dari jangkauan anak-anak. Jangan sampai larutan ini diminum secara tidak sengaja.

 

Gambar :  Gondorukem ( Gum Rosin ) Contoh Produksi Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perum Perhutani).  Berasal dari pemasakan getah pohon Pinus merkusii.

 

Cara penggunaan larutan ini adalah dengan dioleskan merata pada permukaan tembaga PCB homebrew dengan menggunakan kuas. Setelah beberapa menit maka permukaan PCB akan mengering dan tampak mengkilap indah sekali dan terhindar dari korosi. Waktu PCB digunakan dan kita menyolder kaki-kaki komponen akan lebih mudah, tidak perlu menambah gondorukem lagi sebagai teman bagi timah solder.  Pengolesan larutan otomatis akan menghapus bekas-bekas sidik jari, bekas telapak tangan atau bekas telapak kaki waktu menggergaji PCB sehingga hasilnya pasti kinclong, mengkilat Broo . . .

Jangan lupa larutan ini sebelum diminum, eh . . . sebelum digunakan, harus dikocok dulu agar kekentalannya merata dan hasil olesannya pada PCB juga seragam.

Demikian rekan-rekan, sekedar mencatat kembali untuk acuan sewaktu-waktu dibutuhkan, semoga bermanfaat.

Catatan :

Jumlah 100 ml ini buat saya sudah cukup banyak dan rasanya tidak habis-habis, silahkan kalau ada yang akan membuat 1 liter hehehe . . .

Dilarang  pakai botol bekas Mansion House atau Vodka atau Topi Miring.  Baru pakai botol OBH saja gambarnya sudah goyyyangng  begini nih . . .

About jagawana80m

Mencoba menikmati dunia amatir melalui eksperimen.

Posted on 28/12/2011, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 47 Komentar.

  1. haa..haaa..haa.. biasanya sy pake cat semprot “clear”, jadi sebelum nyolder ada ritual dikerik dulu.😀

    • Nah itu dia OM, akhirnya bisa juga punya PCB kinclong kayak yang ada di toko, dengan cara yang benar. Mungkin kalau dicampur sirlak warna hijau atau merah lapisannya bisa berwarna juga ya ? Ini homebrew elektronik apa pabrik mebel ya hehehe . . .

      • Wah…pesat perkembangannya, buka batik tulis juga ya om bob?….mantaf….

      • Nah ini dia, sesudah tadi pagi saya baca lagi tentang radio SW pake TA2003 baru saya ingat. Ternyata saran melapisi PCB pake gondorukem dicampur thinner adalah dari tulisan OM srundenggosong. Saya praktekkan dan saya tulis lagi, terima kasih ya OM srundeng hehe . . .

  2. mantab om ada juga yg pake perak nitrat belinya ditoko kimia pcb dijamin jadi putih kayak dikrom dan anti karat juga

    • Wah selain beli feriklorit atau gips saya agak trauma belanja di toko kimia, apalagi yang ada nitrat-nya hehehe . . . Belum selesai tanya sudah dipelototi NGGAK ADA !!!! Gitu katanya.

      • iya, apalagi belinya di Tidar-Surabaya, belinya sedrum sekalian. Dijamin ndak pake mlotot, langsung dimiskolkan polisi..😀

  3. Gan, coba eksperimenkan antena atau 31 soalnya lahan di jakarta dah sempit sulit buat bentang 31 mungkin ini juga berguna buat rekan lain kalau bisa yg model vertical kalau buat pemancar 80 mter asal bunyi mungkin dah bisa di monitor rekan2 lain yg penting 31 nya maching alias rf nya full keluarnya.

    • Oke OM Agus, Single Ended sudah selesai yg QRP juga 80 % mau tidak mau saya akan eksperimen antenna soalnya di QTH sini juga gak ada halamannya. Ditunggu ya, sabarrr . . . .

  4. saya juga pake yang seperti ini buat pelapis pcb ga mudah korosi juga mudah disolder.

  5. Baru tau saya, kalo begitu caranya melapisi PCB. Matur suwun ilmunya,pakde! Baca-baca blognya,jadi pengen bikin Tx ama Rx 80m band lagi…..

  6. waaah mantaap bgt infonya pak, baru tau saya..hehe
    mau tanya pak, kalo supaya berwarna ditambahin apa ya pak?
    biar lebih menarik,hehe
    cat warna ato pewarna asal boleh ga pak?hehe
    makasi

    • Silahka dicoba saja, mungkin pakai serbuk warna untuk plitur kan macam2 tuh. Asal tidak mengganggu proses penyolderan mungkin tidak apa2. Hati2 kalau ditambah pewarna mungkin beracun tuh asap soldernya.

  7. info yang bagus pak,semoga bermanfaat bagi kita semua..amin… kunjungan dari http://servicetvku.blogspot.com

  8. saya coba beli gondorukem di malang,sampe pegel panjang jelasinnya,dijawab ga ada sama yg jaga…ke toko sebelahnya juga ga ada…besoknya saya tanya sama yg ngerti,ternyata di malang namanya ARPUS…dan saya ke toko itu lagi, “ono ARPUS mas?”,mau berapa ons mas?…duh kenapa ga dari kemarin aja seh taunya…

  9. Kalau dilarutkan pakai alkohol bisa gak ya mas ?

  10. pak tanyak,, itu diolesin gondorukem setelah pelarutan PCB atau setelah pelarutan PCB ?

    • Fungsi larutan gondorukem ini adalah menutup lapisan tembaga pada PCB sehingga tidak teroksidasi oleh udara. Dengan demikian apabila lapisan tembaga tersebut telah dibersihkan dan terlihat mengkilap maka setelah dioles larutan gondorukem dan mengering maka lapisan tembaga tersebut akan tetap mengkilap, tidak berubah menjadi kusam atau berwarna coklat tua, atau berkarat menjadi berwarna kehijauan. Sifat fisik dan kimia gondorukem memudahkan kita untuk menyolder pada lapisan tembaga.
      Kapan larutan gondorukem dilapiskan pada lembaran PCB tergantung pada penggunaannya. Jika lembar PCB kosong diproduksi menjadi PCB maka untuk melindunginya pelapisan gondorukem dilakukan setelah PCB jadi yaitu setelah proses etsa selesai.
      Berbeda jika lembar PCB polos akan dijadikan sekat atau bahan pembuatan kotak saja maka pelapisan gondorukem bisa dilakukan sebelum sekat dipasang atau sebelum kotak dibuat.
      Jika pelapisan gondorukem dilakukan pada PCB polos yang akan dibuat menjadi PCB maka lapisan gondorukem akan menghalangi terjadinya proses etsa. Kalau sudah terlanjur maka harus dicuci bersih dulu menggunakan thinner.

      • sipp terimakasihh infonya🙂
        gondorukem dipasaran harganya brapa ya klo blh tau ? terus ada yang tau ga yang pake cara PCB nya di olesi pake Lotfett trus PCB nya d solder pake timah, dan timahnya akan jadi rata tipis gtu ?

      • Silahkan anda ke toko besi & bangunan, tanyakan siongka atau arpus (jarang yang tahu gondorukem). Anda tidak perlu banyak kalau hanya untuk hoby sendiri 1 ons bisa untuk lama sekali. Harganya juga tidak terlalu mahal karena belinya juga hanya sedikit (bawa 50 rb mungkin ditanya apa nggak ada yang pas hehe . . .).
        Kalau PCB sudah dilapis gondorukem maka melapisi dengan timah juga mudah, asal soldernya cukup panas maka lapisannya akan rata karena akan melebar mengikuti kemana ujung solder digerakkan.
        Aslinya sih seharusnya dilapisi perak pakai larutan kimia tapi saya belum pernah coba.

  11. subarkah andi putra

    wah ini bisa dicoba pak de>>>mksh infonya

  12. Nice bang, . . Jd tmbh sneng mau buat PCB . . .

  13. mantap gan terimakasih infonya

  14. barusan beli resin utk melapisi antena vertical.. sekalian tanya gondorukem.. sekilo 45rb di cikarang-bekasi. beli nya minimal sekilo. karena berasa mahal ga jadi beli, akhirnya hanya beli resin saja. iseng2 minta sejempol buat sample eh dikasih segenggam.. hehe cukup buat berapa botol nih ya???

  15. mas itu tinernya di campur cat apa gak soalnya materinya kurang paham di situ kalo pake di campur cat pake warna hijau boleh ya …. te rima kasih

  16. manaf isnansyah

    Tinnernya A atau B ..??

  17. Om, itu dioleskan sebelum pcb dilubangi ya? apa gk mengganggu waktu timahnya disolder ke pcb

  18. Om itu diolesnya sebelum pcb dilubangi ya? apa gk mengganggu pas penyolderan? apa timahnya gk terhalang oleh campuran gondorukem trsbt?

    • Cairan gondorukem bisa dioles sebelum maupun sesudah PCB dilubangi. Klau dioles sebelum dilubangi maka kemungkinan dipegang2 lagi dan agak lengket waktu di bor, mungkin serbuk PCB sebagian juga menempel jadi kurang bersih.
      Kalau dioles setelah dibor maka hasil lebih rapi, hanya saja sebagian gondorukem akan mengalir atau rembes lewat lubang bor sehingga perlu dibersihkan sebelum mengering.
      Gondorukem tidak menghalangi timah solder, malah membantu melekatnya ke lapisan tembaga.

  19. pak, gondorukem = sirlak ? thanks

    • Gondorukem berasal dari pemasakan getah pohon pinus, dikenal juga sebagai siongka di jabar/DKI, atau arpus di jatim.
      Beda dengan sirlak yg berasal dari hewan kutu lak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: