Software Defined Radio ( SDR )

Penasaran dengan wacana radio SDR yang digulirkan rekan senior amatir radio membawa saya mencoba membuat sebuah. Untuk permulaan masih berupa radio penerima dengan dasar rangkaian penerima HF Monoband tipe DR2C dari om Tasic Sinisa / Tasa ( YU1LM ).
Rangkaian skema asli tampak rumit tetapi sesudah diterjemahkan kepada bentuk fisik IC menjadi lebih sederhana. Selain IC CMOS yang digunakan maka komponen lainnya berupa komponen yang mudah diperoleh dan murah harganya, bahkan IC-nya juga murah saja harganya.
Prototipe rangkaian dibuat pada papan PCB dengan metode Ugly SMD, komponen disolder langsung pada jalur tembaga tanpa ada proses pengeboran. Ukuran sengaja tidak dibatasi untuk kemudahan pengerjaan dan untuk modifikasi lebih lanjut.

Kebetulan saat membuat ini saya tidak punya koil / induktor 100 uH jadi saya ganti pakai koil IF 455 kHz warna hitam, kapasitor aslinya dibuang.  Saya ukur induktansinya 600 uH dipakai saja tidak terlalu berpengaruh.

Rangkaian sudah dicoba menggunakan antenna random wire 23 m, oscillator lokal Vackar 3,2 – 7,8 MHz dan software SDRadio ( dikembangkan OM Alberto I2PHD ), pada Netbook Toshiba NB305, OS Windows7 Starter.  Output SDR dihubungkan ke Mic input ( mono ) sehingga pengaturan belum bisa optimal.

Hey, it works ! ! ! !

Banyak yang malas bikin rangkaian ini karena katanya terlihat rumit pada skema aslinya.  Coba lihat hasil saya di atas kan tidak rumit.

Skema yang sudah disederhanakan silahkan dilihat berikut ini :

Bersambung berikut ini :

Bagaimana, tidak rumit kok asal disolder satu persatu jangan sekaligus semuanya.

Dicoba aja Bro, bisa kok punya SDR yang murah.

UPDATE : 

Saya ganti software HDSDR dan pada pengaturan soundcard komputer masuk pada Line In, bukan Mic.  Ternyata hasilnya jauh lebih bagus dan bisa monitor dengan baik.

About jagawana80m

Mencoba menikmati dunia amatir melalui eksperimen.

Posted on 22/02/2012, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 25 Komentar.

  1. SDR radio ini untuk keperluan apa gan, untuk monitor breaker di frekwensi mana nih …. atau jadi radio internet …..

    • SDR receiver radio biasa, frekuensi tergantung lokal oscillator yang dipakai bisa dari Low Band, MW, SW dst. tergantung rangkaiannya. SSB baik USB maupun LSB juga bisa gitu Gan, komplit banget dah. Sebagian juga sudah dikembangkan bisa untuk transmit.
      Intinya ini radio receiver/transmitter biasa cuma pengolahan suara sama sinyalnya pake komputer, laptop juga bisa. Jadi SDR ini bukan radio internet gitu Gan.
      Coba bikin deh, lumayan sederhana terutama yg Tiny SDR.

  2. Software yg diperlukan apa bos?? Skema/komponen yg lebih mudah ada nggak?
    Harap maklum, SDM terbatas…

    • Saya pake Windows 7, software HDSDR freeware kok. Skema yg lebih mudah punya om Rahmat Petra modifikasi Tiny SDR silahkan lihat di group Radio Bodol 80 m gitu om Sunu, ada PCB-nya juga.

  3. Nyuwun sewu, SDRnya dimana yah?

  4. Sodikin, SST

    Sepertinya perkembangan tehknologi semakin di luar yang dibayangkan, semakin canggih saja, jadi pengin mencobanya, tk. inspirasinya Om Jagawana80m.

    • Betul Kang Odik, ternyata ada perkembangan teknologi tadinya tidak tertarik karena merasa di luar jangkauan. Sesudah dikitik-kitik Kang Paimo dan Om Eliza Sukiman ternyata bisa dicoba dan berhasil. Kita tunggu perkembangan selanjutnya.

  5. Gut Job OM Bob untuk project SDR-nya, btw apakah anda punya akun di forum elektronika.web.id?

  6. om bob,, lilitan 100uh gimana bikinnya om??? brapa lilit gtu om??

    • Saya pake trafo IF warna hitam, sekitar 6oo uH nilainya pada bagian yg kaki 3. Dicoba saja, saya pake yg hitam karena masih punya agak banyak. Pake yg kuning atau putih juga boleh nilainya nggak harus segitu.

  7. Kalo pakai coil, intinya inti udara atau ferried, pak? ini mau coba bikin.

  8. waw keren nih pingin coba bikin… layout PCB diatas kirim dong boss…. anggafunkadelic@gmail.com hehehey thanks…

    • PCB-nya digambar langsung dari kertas milimeter pakai karbon terus di-cat ke tembaganya, jadi nggak bisa saya bagi2kan hehe . . .
      Lay out PCB yg berukuran kecil dan kompak ada di artikel aslinya punya om Tasic Sinisa YU1LM silahkan dicari.

  9. bos itu yg titik OSC disambung kemana ya? saya masih binun…. mau bikin soalnya..

    • Titik OSC disambungkan ke oscillator sesuai frekuensi yg ingin kita terima. Misalnya mau main monitor di 3,5 – 4,1 MHz maka kita harus bikin dulu oscillator / VFO sesuai frekuensi tersebut. Output dari oscillator disambungkan ke titik OSC tersebut begitu brow semoga sudah jelas.

  10. pak nama Ic osilator yg dapat membangkitkan frekuensi 0.25 mHZ -10 mHz, bagaimana caranya? ..tks..

    • Dengan jangkauan frekuensi dari 250 kHz sampai 10 MHz lebih baik anda menggunakan DDS dengan IC AD9850 atau AD9851 sebagai pembangkitnya. Silahkan dibaca dulu tulisan saya dimana metode kontrolnya menggunakan Personal Computer sebagai berikut :

      https://jagawana80m.wordpress.com/2012/11/11/dds-vfo-dengan-pc-controller/

      Metode yang lebih praktis adalah menggunakan mikrokontroler PIC dimana frekuensi bisa diprogram langsung melalui key pad tanpa bantuan komputer, anda bisa browsing lebih lanjut.

      • oh makasih atas infonya….klo bwat IC receiver nya menggunkan jenis Ic ap? dan untuk kontrolernya klo menggunkan mikron dr kluarga Atmel kira” compatible tidak dg ic AD 9850..

  11. om, tinggal dimana? kalo boleh, ajarin dong, skripsi saya soalnya bikin yang beginian, matur suwun om…

    • Saya sehari2 sementara di semarang mas. Terkait SDR ini banyak yang lebih paham teorinya sementara saya hanya mencoba merakit saja. Jika berkenan bisa saya kenalkan teman saya yang lebih menguasainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: