PIC Programmer / Downloader

PIC adalah satu set komputer yang dikemas dalam sebuah IC. IC PIC digunakan dalam rangkaian radio antara lain untuk Frequency Counter, Frequency Locked Loop untuk mendapatkan oscillator yang stabil, SWR Meter dan lain-lain. Potensi penggunaan PIC tidak terbatas dan semua tergantung program yang disusun dan dimasukkan ke dalam memory-nya.
Bentuk program yang diinjeksikan ke dalam PIC adalah berupa file HEX dan alat yang digunakan untuk memasukkan program ke dalam memory PIC disebut PIC Programmer atau PIC Downloader. Banyak sekali macam PIC Programmer yang bisa anda peroleh skemanya dari internet, termasuk juga yang sudah berupa kit, namun demikian saya mencoba membuat satu dan sudah berhasil dicoba yaitu yang ada di bawah ini.

Rangkaian dibuat berdasarkan skema MkV PIC Programmer bisa dilihat referensinya disini :

http://talkingelectronics.com/projects/Pic%20ProgrammerMkV%2012%20Parts/PicProgrammer-12Parts.html

Perlu diperhatikan ketika membuat rangkaian ini disarankan sambil  melihat ilustrasi berupa gambar yang dicantumkan karena gambar sket terminal DB9 pada skema adalah penomoran lubang tampak depan sedangkan penyolderan kabel adalah pada bagian belakang soket.

Catatan :  Dalam percobaan ini di laci saya tidak ada resistor 4k7 jadi saya pakai resitor 3k9.  Saya juga tidak punya 15k jadi saya pakai 12k.  Bisa  juga tuh hehehe . . .

Pic Programmer di atas dipasang pada serial port Personal Computer.

Saya menggunakan OS Windos XP Service Pack 3 dan software yang digunakan adalah WinPic800.

http://www.winpic800.com/index.php?option=com_content&task=blogcategory&id=18&Itemid=64&lang=en

Setelah instalasi silahkan pilih bahasa yang digunakan sehingga tampilan program dapat dipahami.  Selanjutnya masuk ke setting hardware pilih jenis “JDM Programmer”, siap digunakan.
Keuntungan menggunakan WinPic800 adalah kita tidak perlu menginstall program atau utility sistem tambahan, berbeda dari program IC-Prog, misalnya.

Jenis IC yang telah saya coba untuk diprogram adalah PIC 16F84A  dan 16F628A  tanpa kesulitan untuk menghapus, memasukkan program maupun proses verifikasi dan membaca hasilnya dapat dijalankan dengan lancar.

UPDATE :

Saya menggunakan mode “Verify during programming” dengan hasil proses lebih lambat tetapi seluruh tahap pemrograman dapat diverifikasi dengan baik. Artinya kita lebih yakin bahwa setiap tahap sudah berhasil dan IC  PIC pasti terprogram sesuai file HEX-nya.

Selamat mencoba.

About jagawana80m

Mencoba menikmati dunia amatir melalui eksperimen.

Posted on 15/04/2012, in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. Mas Bro,

    Saya lihat ada gambar L / C meter di blog anda, bisa kirim skema dan hex filenya ke saya ?
    Terima kasih.

    Regards,
    Sugeng. K

  2. Lha, inget, Om Bob, saya sudah mbikin ini, saya kira rangkaian saya bener, cuma kemarin khan colokan terminal DB-9 yang ke mobo kebalik, tewas dech 16f84A-nya..mau tanya, waktu inisiasi hardware-nya, PIC ditancapkan dulu apa dilepas? kalau misalnya PIC dimasukkan saat HWP nyolok ke komputer khawatirnya PIC-nya kena kejutan listrik.

    • Kalau saya sih PIC sudah ada di socketnya ketika Programmer dicolokin ke socket DB9, soalnya kalau IC dipasang sesudah HW nancep kan repot harus sambil nungging hehehe. Waktu melepas ya Programmer dicabut dari DB9 baru IC-nya dicongkel, sebabnya ya sama kayak yang barusan itu, repot kalo alatnya masih nancep di kompie.

  3. Om Bob Tegangannya pakai berapa yaa coba pakai 5 volt kok error ya kalau mo di gedein takunya icnya kena

  4. kenapa VDD (pin 14 & 1)dihubungkan ke kaki 5 DB9, bukankah kaki 5 tsb ground?,mohon penjelasannya

    • Sudah betul Mas, kaki 5 PIC 16F628 ke ground dan kaki 14 ke VCC + 5V. Disini ground rangkaian downloader berbeda dengan ground socket DB9, yang dipedulikan adalah tegangan yang timbul dan alur datanya melalui port tsb. Silahkan dibuat saja, rangkaian yang saya buat berfungsi dengan baik dan saya pakai sampai sekarang.

  5. gan, itu colokan ke komputernya bsa di ganti pake usb gk? Pasalnya di laptop saya adanya cuman port usb, trims

  6. Rhoie Arnolds

    Om, apa kegunaan PIC Programmer / Downloader, karna saya ingin bikin semacam DDS om, apa PIC Programmer / Downloader itu juga semacam DDS ta Om, jika ya dimana outputnya yang ke if nya, mohon penjelasannya om terima kasih atas kerja sama dan pengarahannya.

    • Bagus om kalau anda ingin bikin DDS, hanya bikin saja ya, memang perlu menggunakan PIC Programmer/Downloader. Ada bermacam2 PIC downloader anda bisa browsing dipersilahkan, baik homebrew maupun dalam bentuk kit.
      Kegunaan PIC downloader adalah memasukkan program berupa file HEX ke dalam IC mikrokontroller tipe PIC, dimana program tersebut akan menjalankan pengaturan terhadap rangkaian/modul DDS yang harus dibuat atau dibeli terpisah. Ada juga rangkaian kontroler DDS langsung pakai komputer PC anda bisa lihat disini juga, untuk itu tidk perlu menggunakan IC dan tidak perlu downloader.
      Jadi rangkaian PIC Programmer/Downloader ini hanyalah sarana pendukung jika anda akan membuat DDS yang menggunakan mikrokontroler PIC.
      Untuk rangkaian DDS silahkan anda melihat skema dan penjelasan dari PY2OHH sudah komplit disana.
      Rangkaian DDS sendiri berfungsi sebagai signal generator atau oscillator tinggal anda suntikkan ke rangkaian radio milik anda.

  7. bung, apa rangkaiannya bisa disambungkan/diprogram pada laptop/netbook??

  8. bung, apa punya yang untuk laptop/netbook, kalau ada tolong kasih tau ya,

  9. malam mas, saya sudah coba buat PIC program saya gunakan untuk PIC 12f269, tapi ngga ke deteksi aja

    • Mungkin gejalanya bisa disebutkan mas. Apakah test hardware bisa dikenali ? Apakah pada set up sudah di klik tipe JDM programmer ? Oooo ya sebelum lupa, anda pakai OS apa di kompie ? Pakai Laptop atau PC ?

Tinggalkan Balasan

