FREQUENCY DOUBLER

Selama ini saya melakukan eksperimen terutama di 80 m Band, tetapi melihat contoh rangkaian yang beredar serta perkembangan akhir-akhir ini ingin juga mencoba di 40 m Band.  Namun demikian yang menjadi kendala bagi saya adalah belum ada oscillator sesuai band tersebut, kalaupun akan mencoba dengan oscillator kristal saya tidak punya yang frekuensinya sekitar 7 MHz. Untuk membuat VFO khusus band tersebut  saya masih malas jadi saya mencari tahu apakah mungkin rangkaian oscillator yang saya punya dimanfaatkan pada band 40 m dengan kata lain harus dilipatduakan frekuensinya.
Cari punya cari banyak juga rangkaian Frequency Doubler tapi ada satu yang saya rasa tidak rugi untuk mencobanya disamping komponennya sedikit juga semuanya ada di laci saya dan cukup mudah membuatnya.

Berdasarkan artikel dari Charles Wenzel “Switching Diode Frequency Doublers” dan Bill Tracey   “Frequency Doubler for DDS Daughter Card and Softrock 40” saya membuat rangkaian sebagai berikut :

T 1 digulung pada ferit balun TV atawa ferit hidung babi, disini saya pakai 2 biji dilem jadi satu.  Gulungan menggunakan kawat email kira2 diameter 0,2 mm.  Bagian primer yang dihubungkan ke input RF terdiri dari 10 lilit, dan bagian sekunder 20 lilit bifilar ( 2 kawat dipilin jadi satu, kemudian digulung bersama 20 lilit ).  Tap tengah adalah ujung lilitan A ketemu pangkal lilitan B seperti pada pembuatan balun 4 : 1.

Dioda yang digunakan bisa menggunakan dioda switching seperti 1N4148 atau 1N914, pada rangkaian ini saya pakai dioda germanium ( DUG ) dua buah.

RFC bisa bernilai sekitar  100 uH, kebetulan saya punya RFC 2,5 mH 100 mA jadi ya dicoba saja daripada menggulung lagi.  Kabarnya RFC 100 uH bisa dibuat menggunakan resistor 1 M ohm dililit kawat email halus yg sesuai jumlah 150 lilit tapi saya belum mencobanya.

Kapasitor output pada skema aslinya adalah 47 pF kebetulan waktu nyolder di dekat saya tergeletak kapasitor 100 pF  1 kV ya sudah dipasang saja biar gampang nyoldernya gak perlu cari2 kapasitor kecil hehehe . . .

Komponen yang sudah disolder seperti ini :

HASIL EKSPERIMEN :

Input rangkaian dihubungkan dengan output oscillator + driver, pada frekuensi 3,5 MHz sampai 4,3 MHz (diukur dengan Frequency counter bawaan FLL), dan outputnya diukur dengan Frequency Counter beneran.  Hasilnya frekuensi output benar-benar persis 2 kali frekuensi input.
Bagaimana bentuk gelombangnya apakah ada perubahan ?  Saya tidak tahu, oscilloscopenya ada tapi berada di tempat lain jadi belum bisa saya pakai untuk mengecek.  Saya kira apabila rangkaian ini akan digunakan untuk sekedar mencoba rangkaian receiver di 40 m Band tetap akan berfungsi dengan baik.
Selamat mencoba.

 

CATATAN  :

Sedikit peringatan dari senior bahwa output rangkaian ini bukan hanya 2 x F input tapi juga mengandung harmonik lain dengan level yang lebih rendah, sehingga jika akan digunakan di luar eksperimen harus ditambah rangkaian band pass filter.

Dengan dilipatduakan frekuensi input maka dalam hal tuning akan sedikit mengalami kesulitan karena perubahan frekuensi pada output lebih besar. Dengan demikian pada rangkaian oscillator /  input harus ada Fine Tuning yang memadai.

 

z

About jagawana80m

Mencoba menikmati dunia amatir melalui eksperimen.

Posted on 22/07/2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. Mantap Bung aku suka hasil kreasi anda walaupun di buat di Pcb sederhana aku suka minta dong copian Pcb nya untuk semua hasil eksperimennya

    • Om Jhon sayangnya PCB saya nggak ada lay out silk screen-nya jadi harus melotot ke skema waktu nyoldernya. Mungkin harus saya buat dulu kita lihat barangkali sempat bikin ya om.

  2. ada pertanyaaan mendasar , namun saya juga perlu untuk mencobanya sendiri, bagaimana dengan stabilitynya? apakah kemudian saya tambahkan LPF dan menambahkan satu atau dua level buffer pada outputnya bisa menjamin tingkat kebersihan hasil osilasi dan stabilitasnya?

    • Mas Rudik tampaknya rangkaian ini hanya menjadi solusi singkat bertaraf bodol untuk eksperimen saja. Rangkaian doubler yang lebih bisa diandalkan dan tidak terlalu rumit sudah ada pada buku2 desain RF dengan menggunakan rangkaian transistor dan resonansi LC.
      Anyway, kalau anda tetap mau mencoba ya . . . dicoba saja. Tidak ada yang melarang hehe . . .

  3. om salam kenal saya kang UU dari bogor biasa di udara namanya UU saya selalu mengikuti karya om jagawana dan sekarang saya sedang mulai ngoprek lagi begini om jagawana saya butuh skema pemancar MW kalo om ada dan Sudah di eskaperimen tolong kirim skemanya alamtkan ke email saya saja karena saya mau coba broadkesan di frek MW UNTUK DI MADJLIS TAKLIM terima kasih om mantab mantab eskperimen nya thx

  4. surya ydtwobdj

    nyimakkkkkkkkkkkk trus tapi kompor belum panas om….hehehhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: