REGULATOR “SAK BECAK”

Sangat banyak rangkaian regulator yang bisa kita temukan untuk membantu kita mendapatkan tegangan power supply yang stabil. Salah satu yang rangkaiannya minimal adalah menggunakan regulator tegangan tetap dengan 3 kaki antara lain tipe 78XX untuk tegangan positif dan rekannya tipe 79XX untuk tegangan negatif. Keterbatasan IC regulator jenis ini adalah kemampuan penyediaan arusnya hanya sekitar 1,5 Ampere dan untuk mendapatkan kapasitas arus yang besar dipadukan dengan pass transistor.
Salah satu variasi rangkaian menggunakan IC regulator kaki tiga adalah sebagai berikut :

Regulator Sak Becak Skema

Rangkaian di atas saya gunakan untuk pengaturan tegangan positif, dimana besarnya tegangan ter-regulasi adalah sebesar tegangan IC regulator ditambah tegangan dioda zener, dan kemampuan arus maksimalnya adalah sejumlah IC yang dipergunakan (diparalel) kali 1,5 Ampere.
Eksperimen saya adalah untuk menyediakan tegangan 40 Volt dengan arus 4 – 5 Ampere untuk penguat linier BITX, yang saya peroleh dengan memparalel 4 buah IC 7824 dan dioda zener yang digunakan dengan tegangan 16 Volt.

Ini hasilnya setelah disolder :

Regulator Sak Becak

Saya memberikan input tegangan 52 Volt dari trafo 5 Ampere murni, dan output tegangan tanpa beban adalah tepat 40 Volt, sementara pada saat transmitter dimodulir tegangan turun sampai 36 Volt saja. Cukup lumayan untuk rangkaian yang hanya mengandalkan ketrampilan memparalel IC saja tanpa hitungan yang rumit.

Selamat bereksperimen, semoga bermanfaat.

PERHATIAN :
Siapkan kapasitas arus dengan rancangan lebih besar dari yang dibutuhkan, karena jika rangkaian menyedot arus lebih besar dari yg dirancang maka regulator akan rusak. Tegangan tinggi muncul pada output dan regulator menjadi sangat panas. HARAP BERHATI-HATI.

z

About jagawana80m

Mencoba menikmati dunia amatir melalui eksperimen.

Posted on 16/10/2013, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: