Membuat PCB Menggunakan LAN

Pembuatan Printed Circuit Board (PCB) dengan metode toner transfer melalui pemanasan telah dijelaskan dan umumnya dapat berhasil dengan baik. Saya mendapat informasi bahwa pembuatan PCB dapat dilaksanakan juga tanpa melibatkan panas, yaitu dengan menggunakan bahan kimia LAN. Bahan ini dapat diperoleh bebas di toko swalayan maupun di warung-warung, ada yang dijual dalam sachet atau dalam tube. LAN yang saya pergunakan untuk eksperimen kali ini adalah merk Autan, sehingga benar sekali dugaan anda bahwa LAN = Lotion Anti Nyamuk hehehe . . .

Berikut adalah tahapan pembuatan PCB dengan menggunakan LAN :
1. Siapkan gambar lay out PCB berupa gambar yg terbalik, silahkan dicetak menggunakan printer laser pada kertas HVS biasa. Boleh juga gambar tersebut di fotokopi pada kertas HVS biasa, kalau bisa minta yang sehitam mungkin tapi latar belakangnya tetap putih bersih. Gunting gambar tersebut, sisakan pada tepi yang panjang kira-kira 5 mm sampai 10 mm untuk dilipat.
.

IF

2. Siapkan lembar PCB polos, potong sesuai ukuran PCB yng akan dibuat. Bersihkan sisi tembaga dengan dicuci dan digosok menggunakan sabun dan sabut alumunium sampai mengkilap.
.

IF

3. Celupkan bakalan PCB tersebut ke dalam larutan Feriklorit dan gosok merata sampai tampak warna tembaga yang kusam. Proses ini untuk meyakinkan bahwa pada lapisan tembaga sudah tidak ada lemak atau minyak yang menutupinya. Bersihkan dengan air sampai tidak tampak sisa cairan feriklorit. Selanjutnya keringkan bakalan PCB tersebut.
.

IF

.

IF

.

IF

.

4. Siapkan gambar PCB, lipat tepian pada sisi yang panjang. Posisikan gambar jalur PCB menempel pada lapisan tembaga. Lipat kertas tepian sampai ke belakang sisi pertinak PCB (tanpa tembaga), lipat yang rapi dan rapat, tempelkan dengan selotip. Kerjakan pada kedua sisi tepian tersebut, sehingga gambar PCB benar2 rapat pada lembar PCB dan tidak bisa berubah lagi. Posisi terakhir kertas gambar PCB adalah kertas HVS yang tampak di atas adalah yang berwarna putih tidak ada gambar jalur PCB-nya.
.

IF

.

IF

.

IF

.

5. Oleskan LAN pada kertas HVS tersebut (sisi putih) secara merata. Apabila telah meresap maka bayangan jalur PCB akan terlihat muncul pada kertas. Pengolesan LAN secukupnya saja jangan berlebihan.
.

IF

.

IF

.

6. Tutupi calon PCB dengan plastik atau mika yang agak tebal, kemudian gosok pada mika di atas gambar PCB menggunkan uang logam secara merata di seluruh permukaan calon PCB. Boleh divariasikan cara menggosoknya antara kiri-kanan dan atas-bawah supaya tekanannya merata.
.

IF

.

7. Singkirkan lapisan plastik/mika, ambil calon PCB tersebut dan buka selotip salah satu sisi tanpa mengganggu lapisan kertas HVS yang ada gambarnya. Masukkan calon PCB ke dalam mangkok berisi air, diamkan beberapa saat. Anda dapat menunggu sampai kertasnya lepas sendiri dari lembar PCB, atau kertas dapat dilepas secara hati-hati dibantu dengan aliran air.
.

IF

.

IF

.

IF

.

Mohon diperhatikan bahwa daya rekat toner ke lapisan tembaga PCB pada metode LAN ini tidak sekuat menggunakan metode panas, sehingga diharapkan dapat berhati-hati pada saat melepaskan kertas dan membersihkan permukaan gambar tersebut.
.

IF

.

Pembersihan permukaan dengan menggosok agak kuat menyebabkan sebagian gambar rontok, tetapi ada pula yang kuat menempel.  Silahkan diusahakan pada saat menggosok gambar melalui lapisan plastik/mika dapat lebih ditingkatkan tekanannya.  Barangkali hasilnya bisa lebih kuat dan merata.
8. Silahkan perhatikan hasilnya, jika masih ada bagian2 yang bolong atau putus jalur gambarnya silahkan disempurnakan (di tusir) menggunakan spidol kedap air / permanen dengan ukuran yg sesuai.
9. Setelah gambar PCB dipindahkan ke lapisan tembaga dengan sempurna bisa dilanjutkan dengan proses etsa menggunakan Feriklorit.
.
Demikian percobaan pertama pembuatan PCB dengan menggunakan LAN.  Keunggulan metode ini adalah bisa menggunakan kertas HVS biasa, tidak perlu menggunakan setrika sehingga merusaknya.  Kelemahannya gambar kurang menempel kuat sehingga perlu lebih berhati-hati dalam penanganannya.
Lain kali disempurnakan lagi.
.
Selamat mencoba.

About jagawana80m

Mencoba menikmati dunia amatir melalui eksperimen.

Posted on 21/09/2015, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: