HiperVFO

Membuat VFO yang stabil menjadi tantangan yang tidak ada habisnya pagi penggemar radio komunikasi homebrew. Untuk menghemat waktu eksperimen sehingga bisa berlanjut ke rangkaian lainnya maka kita bisa mencoba rangkaian HiperVFO yang saya ambil dari PY2OHH.
Sengaja saya pilih frekuensi di bawah 7 MHz pada band 40 m sehingga pada saat eksperimen tidak akan mengganggu band Radio Amatir yang sesungguhnya.
.
Skema rangkaian seperti di bawah ini :

HiperVFO Skema KECIL
.

Setelah disolder tampak seperti ini :
HiperVFO KECIL
.
HASIL EKSPERIMEN :

Secara umum kinerja rangkaian sangat dipengaruhi koil yang dipergunakan.

  1. Koil induktansi rendah sekitar 4,7 uH – 10 uH :  Osilasi stabil, frekuensi kristal dapat diturunkan sekitar 5 kHz,  dengan getaran yang stabil merata.
  2. Koil induktansi tinggi sekitar 100 uH ke atas : Frekuensi turun sangat jauh bisa sampai 2 MHz, tetapi osilasi tidak stabil.  Putaran varco tidak banyak berpengaruh terhadap frekuensi output.
  3. Koil seperti pada skema, jumlah 40 lilit pada IF Biru, dengan menggunakan kawat email tipis ex koil relay 12 Volt.  Nilai induktansi sekitar 31 uH, jangkauan frekuensi 6,350 MHz – 7,000 MHz.  Osilasi kurang stabil pada ujung frekuensi rendah tetapi cukup stabil pada frekuensi mendekati 7 MHz.
  4. Koil seperti pada skema, jumlah 40 lilit pada IF Biru, dengan menggunakan kawat email diameter sekitar 0,2 mm.  Nilai induktansi sekitar 27 uH, jangkauan frekuensi 6,970 MHz – 7,000 MHz.  Osilasi stabil merata.
  5. Koil diganti, jumlah menjadi 35 lilit pada IF Biru, menggunakan kawat email diameter sekitar 0,2 mm.  Nilai induktansi sekitar 20,5 uH kondisi inti ferit mentok ke atas.  Jangkauan frekuensi antara 6,960 MHz – 7,000 MHz.  Osilasi pada ujung frekuensi rendah relatif stabil, terjadi penurunan sekitar 1 – 2 Hz secara kontinyu.  Apabila frekuensi digeser pada 6,970 MHz osilasi menjadi stabil.  Seterusnya sampai frekuensi 7,000 MHz osilasi stabil, dengan pergeseran turun naik antara 1 – 5 Hz saja.

    SELAMAT MENCOBA.

    .
    Z

About jagawana80m

Mencoba menikmati dunia amatir melalui eksperimen.

Posted on 27/08/2016, in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: